Kamis, 29 September 2011

Menggunakan Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar

Meggunakan bahasa indonesia secara baik dan benar itu menurut saya adalah mengucapkan dan menerapkan bahasa indonesia dengan tutur kata yang baik dan benar serta ejaan yang baik pula, tanda baca yang digunakan juga harus tepat, sehingga bahasa indonesia yang diucapkan atau dituliskan sesuai dengan bahasa indonesia yang selazimnya digunakan dengan benar. Jika bahasa indonesia dalam penulisan atau pengucapannya tidak sesuai atau tidak benar maka itu tidak benar. Kemudaian harus sesuai kepada siapa bahasa itu akan ditujukan, tepat atau tidakkah orang yang dituju.
Penulisan kata-kata dalam berbahasa indonesia sebaiknya tidak disingkat-singkat karena akan tidak benar seperti contoh berikut punulisan dalam bahasa indonesia:
1.     Penulisan kalimat yang seharusnya ditulis berulang disingkat sehingga menjadi satu kali penulisan seperti : buku2, penulisan yang tepat adalah buku-buku.
2.     Penulisan yang disingkat seperti : yg seharusnya yang, penulisan singkat sepeti itu bias menimbulkan arti yang berbeda dalam bahasa Indonesia.

Sekian yang saya tahu mengenai menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.












Tidak ada komentar:

Posting Komentar